Friday, March 21, 2014

Pidato Tentang Rendahnya Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Lingkungan Hidup


Tugas  Ekstrakulikuler                            


Pidato
Tentang Rendahnya Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Lingkungan Hidup


 








Nama : Lukman Khakim
Kelas        :  1 E
Stambuk : 1312858







STIA PUANGRIMAGGALATUNG SENGKANG
Tahun pelajaran 2013/2014



Pidato
Tentang Rendahnya Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Lingkungan Hidup


            Assalamu’alaikum Wr .Wb
            Yang terhormat Bapak  ketua Yayasan Puangrimaggalatung Sengkang,
            Yang saya hormati  ibu dosen Pembina bidang studi ekstrakulikuler,
            serta  teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

            Pertama-tama, Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita ,sehingga kita  dapat berkumpul  ditempat ini dengan keadaan sehat wal afiat tidak lupa kita kirimkan sholawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan umat manusia di bumi ini dan yang telah membawa kita dari alam kejahiliyahan ke alam yang terang benderang.

            Saudara-saudara sekalian yang saya hormati pada kesempatan ini saya akan membawakan pidato yang berjudul “rendahnya kesadaran masyarakat akan petingnya lingkungan hidup. Lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Entah itu hewan maupun tumbuhan,  Alam merupakan bagian dari lingkungan yang  telah memberikan kita banyak hal yang bermanfaat bagi kita semua, mulai dari air yang kita minum, sayur yang kita makan, tanah yang kita pijak, serta kayu dan batu yang kita gunakan untuk membuat rumah.
            Saudara –saudara sekalian yang saya hormati , sering kali  kita melihat dan mendengar peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang ini, entah  itu di tv, radio maupun surat kabar , banyak sekali masalah yang sangat memprihatinkan  bagi kita semua diantaranya sering terjadi penebangan hutan , penangkapan ikan secara besar-besaran , perusakan terumbu karang dan  lain sebagainya,  ini membuktikan bahwa  sebagian masyarakat belum mengerti  bagaimana petingnya lingkungan hidup bagi kita semua.
Saudara –saudara sekalian yang saya hormati, Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan  hidup adalah dengan  menjaga hutan dan tidak merusak hutan. Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Hutan ini berfungsi sebagai penampung karbon dioksida,habitat hewan serta pelestarian tanah yang  merupakan salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting. tetapi,seperti yang kita ketahui bersama, kondisi bumi kita semakin hari semakin memprihantinkan.Semua itu karena ulah tangan-tangan jahil manusia.Padahal jika hutan gundul maka akan banyak bencana alam yang terjadi.Contohnya banjir,tanah longsor, kekeringan, dan masih banyak lagi.Bahkan karena hutan gundul kita akan kekurangan oksigen dan kita akan kekurangan tempat resapan air.
            Saudara –saudara sekalian yang saya hormati ,Perlu kita sadari bahwa lingkungan merupakan tempat untuk menggantungkan hidup bagi kita semua yang ada di bumi ini. Oleh karena itu kita harus memberikan yang baik kepada lingkungan agar lingkungan pun memberikan yang terbaik untuk kita, lebih tepatnya agar lingkungan tidak memberikan bencana untuk kita. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kelestarian hutan kita ,dan  menjaga  kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita seperti .membuang sampah di tempat sampah ,menanam pohon atau reboisasi dan lain sebagainya

            Saudara –saudara sekalian yang saya hormati, Ada orang bijak mengatakan “Kamu akan selalu dikenang karena perbuatanmu bukan oleh kata-katamu”  oleh karena itu marilah kita semua ikut menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan hidup kita minimal dengan membuang sampah di tempat sampah ,dan untuk saudara-saudara yang ada disini marilah kita memberikan  sosialisasi kepada masyarakat  akan pentingnya lingkungan hidup bagi kita semua agar terjadi simbiosis mutualisme antara manusia dengan alam sekitar.


            Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,  Demikianlah pidato yang sempat saya sampaikan tentang rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup dan apabila ada kesalahan dalam tutur kata saya minta maaf yang sebesar-besarnya .

            Billahitaufik Walhidayah  Wasalammualaikum Wr.Wb   

No comments:

Post a Comment

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

EXTRAWEBDIA .COM: TUGAS MAKALAH ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil...