Tuesday, October 21, 2014

Cara Mengatasi Stress Dan penyebabnya serta solusinya


Cara Mengatasi Stress Dan Solusinya



            Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Stress adalah keadaan jiwa yang paling populer di abad ini. Coba anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya? Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena banyak masalah kesehatan.

Ada beberapa artikel menyatakan bahwa :
a.       Lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
b.      Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping masalah sakit punggung.
c.        Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
d.      Dan diindonesia factor yang menyebabkan orang stress lebih banyak karena adanya factor ekonomi .

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan stress di tempat kerja :

a.       Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
b.      Ketidakjelasan tugas yang diberikan
c.       Permintaan barang yang sangat tinggi
d.      Kurangnya perencanaan kerja
e.       Adanya ancaman di kalangan karyawan
f.        Teriakan dan makian para konsumen
g.       Teman kerja yang selalu mengganggu
h.      Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
i.          dan yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas

            Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.
Jika ada hal-hal diatas yang anda rasakan saya pikir anda perlu segera merubah aktivitas anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup anda secara keseluruhan.



Berikut adalah beberapa Cara Menghilangkan Stres



  1. Cukup tidur
            Tidur minimal selama 8 jam pada setiap harinya dapat meremajakan tubuh dan siap untuk beraktivitas pada hari selanjutnya. Apabila Anda kurang tidur, maka tubuh akan tetap lelah dan akhirnya tidak memiliki energi cukup untuk berkonsentrasi yang membuat tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik yang selanjutnya dapat mengarah ke stres.


  1. Mendengarkan musik
            Dengan mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang ampuh dan mudah untuk Anda lakukan dalam menghilangkan stres. Dengarkanlah lagu-lagu kesayangan Anda yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang dan santai. Mendengarkan musik juga berdampak baik untuk otak kita.


  1. Berpikiran positif
            Positive thinking atau berpikiran positif terhadap segala masalah yang sedang dihadapi serta berusaha mengambil pelajaran dari masalah tersebut. Sehingga pada akhirnya dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Tertawa
            Untuk menghilangkan stres yang sedang dihadapi, alangkah baiknya mempertahankan selera humor, termasuk dapat menertawai diri sendiri. Berbagi cerita lucu dengan teman Anda atau aktivitas lainnya yang dapat membuat tertawa.

5.     Refresing dengan pemijitan tubuh (body massage),
            Lakukan pemijitan tubuh (body massage), karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan anda.

6.     Olahraga
             Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.


  1. Melakukan aktivitas menyehatkan
            Anda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan seperti berolahraga ringan, misalnya bersepeda ataupun berjalan santai. Aktivitas yang Anda lakukan tersebut dapat membuat tubuh Anda merasa lebih rileks dan dapat menurunkan tekanan darah serta dapat menghilangkan stres yang sedang Anda alami tersebut.


  1. Belajarlah tegas untuk berkata tidak
            Mungkin Anda akan sangat sulit untuk mengatakan 'tidak' dalam kehidupan, karena Anda akan berpikir bahwa dengan menolak tersebut, orang lain akan merasa jengkel terhadap diri Anda. Cobalah untuk bersikap tegas mulai dari sekarang, fokus terhadap tujuan Anda dan beranikan diri untuk mengatakan tidak yang dapat memberikan Anda ketenangan. Hal ini tentunya dapat mencegah Anda terbawa beban stres daripada Anda terpaksa untuk berkata iya, namun sementara Anda tidak mampu melaksanakannya dan pada akhirnya dapat memicu stres.
  1. Jangan menunda pekerjaan
            Janganlah Anda sekali-kali menunda pekerjaan, semakin sering Anda menunda pekerjaan, maka pekerjaan Anda akan semakin menumpuk. Hal ini merupakan salah satu penyebab stres yang sedang Anda alami. Alangkah baiknya Anda tidak menunda-nunda pekerjaan sehingga tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk dan Anda dapat terhindar dari stres.


  1. Melakukan yoga
            Ketika Anda terdapat waktu kosong, alangkah baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukan yoga. Ada beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian dada dan pundak sehingga dapat melepaskan beban mental maupun fisik. Postur ini dapat membantu melepaskan tekanan emosional serta dapat menghilangkan efek negatif duduk terlalu lama di dalam kantor.

  1. Berusaha menerima diri sendiri
            Selalu berusaha menerima diri sendiri dalam segala kondisi yang sedang dialami entah itu terkait dalam segala nikmat ataupun dalam segala cobaan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa terhadap diri kita. Untuk orang muslim seperti saya, obat untuk menghilangkan stres adalah dengan senantiasa mengingat Allah.


  1. Bernafas dalam-dalam
            Menarik nafas dalam-dalam dapat mengurangi stres yang sedang Anda alami dan dapat membuat tubuh Anda rileks. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan buang dengan perlahan. Lakukan cara ini berulang kali. Hal ini karena pada saat tubuh kita stres, maka kita condong bernafas lebih cepat dari biasanya.

13.Lakukan meditasi.
             Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.
Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.
14.Jangan memakan makanan  yang terlalu banyak
            Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dimana insulin ini dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mood anda menjadi jelek.

15.Seks
            Seks adalah penyembuhan yang sangat baik untuk menghilangkan stress. Banyak dokter mengatakan bahwa seks adalah cara yang luar biasa dalam meredam kemarahan dan stress.

16.Mengeluti hobi anda
            Lakukan hobi anda, seperti memancing, mendaki gunung atau apapun yang anda senangi. Anda bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah anda alami sebelumnya seperti berarung jeram misalkan.
Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stress.

17.Perbayak minum air putih
            Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stress. Pada kenyataannya, air putih lah yang dapat menghilangkan stress. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau 2 gelas anggur memang dapat menyebabkan kita relax saat itu, tetapi setelah efek alkoholnya hilang, stress kemungkinan besar akan membangunkan anda di tengah malam.
Dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan tubuh kita dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.

  1. Menghibur diri sendiri
            Menghibur diri sendiri adalah cara yang cocok untuk Anda lakukan dalam menghilangkan stres dalam sekejap. Luangkan waktu Anda sebentar pada saat libur pada hari kerja dengan beraktivitas yang sifatnya menghibur diri sendiri, seperti : bermain game, mendengarkan musik seperti cara diatas, menonton film, atau kegiatan lainnya yang dapat menghibur diri Anda.





Read more:

No comments:

Post a Comment

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

EXTRAWEBDIA .COM: TUGAS MAKALAH ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil...