Thursday, October 16, 2014

Manfaat Lemon untuk Rambut


Manfaat Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis


                Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

                Sebelum digunakan secara luas dalam dunia pengobatan modern, nenek moyang kita pada zaman dahulu kala sudah memanfaatkan lemon sebagai bahan untuk membuat ramuan tradisional guna menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat lemon bagi kesehatan:

Manfaat Lemon untuk Rambut
                Seperti lidah buaya dan jeruk nipis, lemon juga berguna dalam merawat kesehatan rambut. Fungsinya lebih kepada sebagai pembersih dan penyegar. Namun juga sekaligus menguatkan.


1.       Mengatasi Rambut Beruban
                Rabut beruban yang datang terlalu dini, bisa membuat rasa percaya diri berkurang. Masih muda kok sudah ubanan? Tapi jangan khawatir, campurkan jus lemon dengan jus buah amla. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala, kemudian cuci hingga bersih 30 menit kemudian.
  2.       Perawatan untuk Rambut Rusak
                Beberapa perlakuan tidak manusiawi pada rambut dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, patah, rontok, kering, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan air perasan jeruk lemon. Buatlah ramuan dengan campuran jus lemon, 4 sendok makan minyak zaitun dan 3 sendok makan madu murni. Aplikasikan ramuan tersebut pada rambut sebagai masker alami. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan shampo.

3.       Mengatasi Rambut Rontok
                Air perasan jeruk lemon juga dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Caranya ambil 3/4 sdm minyak kelapa dan tambahkan perasan air jeruk lemon, aduk rata. Aplikasikan ramuan ini pada rambut secara merata. diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan mengguankan shampo. Lakukan 2-3 kali seminggu dan lihat hasilnya.
 
4.       Menghilangkan Ketombe
                Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang dapat menyebabkan gatal. Cobalah campurkan buah lemon yang sudah dibikin jus dengan minyak zaitun hangat. Pijat kepalamu perlahan-lahan dengan campuran lemon tadi dan diamkan selama 15 menit lalu bilas rambutmu dengan air. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner setelah keramas.


SUMBER:

No comments:

Post a Comment

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

EXTRAWEBDIA .COM: TUGAS MAKALAH ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil...