Saturday, February 14, 2015

Demam Batu Cicin Akik / Permata Mengalahkan Logika Dan Realita


Demam Batu Cicin Akik / Permata Mengalahkan Logika Dan Realita



Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan. Sedangkan  Batu Akik adalah jenis batuan yang terbentuk dari mineral didalam tanah yang mempunyai corak dan bentuk struktur yang indah seperti warna hijau merah dan lain sebagainnya.

Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya.

Saat ini batu akik sudah sangat jauh dari hal mistis. Dahulu batu memang suka dikaitkan dengan hal-hal mistis. Tahun 2014 ini batu akik jauh sangat berkembang. Orang menyukai batu akik bukan karena ada hal mistis lebih ke seni yang ditampilkan. Apalagi banyak orang yang mengaitkan batu akik dengan khasiat yang berlebihan. Seperti batu yang bisa membuat kebal. Untuk pengasihan, dan sebagainya. Orang-orang menyukai batu akik lebih ke manfaat secara kesehatan. Seperi batu yang bisa melancarkan peredaran darah.

Terbukti saat ini pecinta batu akik tidak lagi hanya orang dewasa. Remaja hingga anak-anak juga telah menyukai batu akik. Bukan karena mistisnya lebih ke nilai seni batu tersebut. Tahun 2014 merupakan kejayaan batu akik. Secara nasional batu akik telah mengalahkan fenomenalnya batu mulia seperti rubi, zamrud, dan shafir. Harga batu akik bahkan menyamai batu mulia.

Pada tahun 2015 ini ketenaran batu akik akan mulai menurun. Batu-batu mulia akan kembali naik. Namun batu akik tetap memiliki pasarnya sendiri. Tidak akan redup. Tren batu akik saat ini memberikan banyak manfaat bagi orang. Ini harus dijadikan momentum untuk pemerintah agar memperhatikan para pedagang batu akik. Sriwijaya Gems Community (SGC) siap serta dalam memberikan kontribusi untuk memajukan potensi batu akik di Sumsel dengan memberika pelatihan bagi orang-orang yang ingin berwirausaha di bidang batu akik.

Manfaat lain yang dirasakan dari naik daunnya batu akik membuat tingkat pengangguran dan kriminalitas di Sumsel berkurang. Apalagi rencana pemerintah yang akan merelokasi pedagang batu akik di kawasan Cinde.

Diharapkan pemerintah memberikan tempat khusus bagi pedagang batu akik. Selain memberikan penghasilan bagi pedagang juga membuat Palembang memiliki pasar khusus batu dan meningkatkan PAD.
Sumsel sendiri memiliki banyak jenis batu yang banyak dicari orang seperti batu blue chalcedony (spirtus), lavender, ijo Baturaja, sunkist, darah, kecubung, dan teratai



No comments:

Post a Comment

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

EXTRAWEBDIA .COM: TUGAS MAKALAH ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil...