Thursday, March 20, 2014

Perilaku Konsumtif Masyarakat (PIDATO)


Pidato
Tentang Perilaku Konsumtif Masyarakat



 








            Assalamu’alaikum Wr .Wb
            Yang terhormat Bapak  ketua Yayasan Puangrimaggalatung Sengkang,
            Yang saya hormati  ibu dosen Pembina bidang studi ekstrakulikuler,
            serta  teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

            Pertama-tama, Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita ,sehingga kita  dapat berkumpul  ditempat ini dengan keadaan sehat wal afiat tidak lupa kita kirimkan sholawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan umat manusia di bumi ini dan yang telah membawa kita dari alam kegelapan ke alam yang terang benderang.

            Saudara-saudara sekalian yang saya hormati pada kesempatan ini saya akan membawakan pidato yang berjudul perilaku konsumtif masyarakat . Perilaku konsumtif  masyarakat merupakan tindakan masyarakat yang mengarahkan kepada model pembelian konsumtif, Yaitu  Membeli barang yang kegunaanya kurang begitu bermanfaat  dan dengan alasan karena untuk bermewah-mewah, atau hanya mengikuti tren saja. 

            Perilaku konsumtif ini tidak jauh beda dengan sifat boros , maka dari itu kita harus menghidari sifat konsumtif / sifat boros  ini terhadap diri kita,  ada beberapa cara untuk menghindari sifat  sifat konsumtif / sifat boros  ini diantaranya:

1. Buat batasan terhadap diri Anda sendiri
2. Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu bagus
3. Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu didiskon
4. Biasakan Untuk Menabung
5. Membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan
6. Membuat anggaran belanja
7. Dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,  Maka dari itu kita perlu menjauhi sifat konsumtif ini agar kita tidak mengalami kerugian baik moril maupun materil dan agar kita tidak penyesalan terhadap perilaku diri kita di hari kemudian .

            Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,  Demikianlah pidato yang sempat saya sampaikan tentang perilaku konsumtif masyarakat dan apabila ada kesalahan dalam tutur kata saya minta maaf yang sebesar-besarnya .

            Billahitaufik Walhidayah  Wasalammualaikum Wr.Wb 

No comments:

Post a Comment

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

EXTRAWEBDIA .COM: TUGAS MAKALAH ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil...