Wednesday, February 11, 2015

20 kebiasaan sehari-hari yang berbahaya bagi kesehatan

 kebiasaan sehari-hari  yang berbahaya bagi kesehatan 



Dalam kehidupan sehari kita sering beraktifitas melebihi batas batas kemampuan tubuh kita , sehingga aktifitas tersebut menjadi suatu kebiasaan bagi kita , namun kita tidak menyadari kebiasaan itu baik tidak untuk diri kita, jangan sampai kebiasaan itu membuat kita menyesal dikemudian hari danberikut adalah 7 kebiasaan sehari-hari  yang berbahaya bagi kesehatan


Jarang minum air putih
Tubuh kita memerlukan kebutuhan cairan untuk melarutkan zat-zat yang terdapat di dalam tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh, dianjurkan untuk meminum air 6 hingga 8 gelas setiap hari. Jika seseorang kekurangan cairan maka dapat mengakibatkan terganggunya sistem organ di dalam tubuh.

Jarang Berolah Raga
Kesibukan dengan kegiatan yang sangat padat, akan membuat seseorang kehilangan waktu untuk berolahraga. Padahal melakukan olahraga tidak harus melakukan olahraga berat, membiasakan jalan kaki santai setiap pagi juga merupakan olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sering melewatkan sarapan pagi
Semua aktivitas dan kegiatan apapun pastinya akan dimulai sejak pagi hari. Untuk itulah sangat diperlukan banyak energi yang cukup dengan melakukan kebiasaan sarapan pagi. Karena membiasakan diri untuk melewatkan sarapan pagi berdampak pada menurunnya produktivitas kerja yang dapat memicu penyakit maag.

Bergadang
Begadang adalah kegiatan yang dapat mengurangi jam tidur. Padahal tubuh membutuhkan istirahat karena telah beraktivitas seharian, terkadang tubuh di paksa untuk begadang semalaman karena melakukan pekerjaan yang tak kunjung selesai. Hal itu dapat membahayakan kesehatan tubuh dan otak.

Terlalu lama menonton tv
Kegiatan menonton televise terlalu lama juga berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Pasalnya jika telah menonton televisi mata akan terus saja menatap kea rah layar televisi dengan tubuh duduk bersantai akhirnya menyebabkan posisi duduk yang salah dan terkadang ada juga yang menonton televisi dalam posisi tiduran atau dengan posisi tubuh tengkurap. Semua itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, khususnya akan berdampak buruk pada kesehatan mata.

keseringan menggunakan  hp atau komputer
Terlalu lama menghabiskan waktu dengan menatap gadget atau computer merupakan kebiasaan rutin yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Makanan yang tidak dikunyah
Kebiasaan tidak mengunyah makanan dengan halus akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Karena ketika makanan yang masuk di dalam tubuh akan mengalami proses penghancuran di dalam mulut dengan bantuan gigi, jika makanan yang masuk di dalam tubuh tidak dikunyah dengan halus dapat membuat organ pencernaan bekerja lebih keras.


Duduk dengan menyilangkan kaki
Siapa yang menyangka bahwa duduk dengan menyilangkan kaki mampu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh Anda? Bahkan peningkatan darah mampu meningkat hingga 7%. Ketika Anda menyilangkan kaki maka terjadi peningkatan tekanan di sendi pinggul dan dapat menyebabkan pengumpulan darah di kaki Anda bung.

Terlalu lama menyetir

Menyetir dengan waktu yang lama dan tidak diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup mampu meningkatkan tekanan darah di kaki hingga menyebabkan aliran darah tidak lancar. Oleh karena itu, setelah berkendara selama 1-2 jam, sediakanlah waktu untuk beristirahat.


Badan Anda langsung meregang ketika bangun tidur

Saat bangun tidur, jangan langsung meregangkan tubuh Anda. Sebab ketika Anda tidur, tulang belakang Anda akan terhidrasi di malam harinya. Sehingga ketika Anda meregang, maka akan menciptakan tekanan di tulang belakang.
Membawa tas terlalu berat
Laptop, berkas-berkas kantor, serta barang berat lain dalam tas Anda ternyata punya bahaya tersembunyi. Membawa beban yang terlalu berat bisa menyebabkan masalah radang sendi, penyakit degenerasi, kejang pada punggung, ketidakseimbangan otot, dll. Karena itu, cek isi tas Anda secara rutin dan keluarkan barang-barang yang tidak Anda perlukan.


 Kurang tidur
Akibat kurang tidur bukan hanya kantung mata dan kulit pucat yang mengganggu penampilan, tapi juga daya tahan tubuh yang menurun. Penelitian bahkan menemukan bahwa kurang tidur meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung hingga 4 kali lipat. Jadi, kembangkan pola tidur sehat dengan tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

Tidak sarapan
Tubuh membutuhkan sarapan sebagai bahan bakar untuk menjalankan aktivitas Anda sepanjang hari. Tidak sarapan akan meningkatkan resiko obesitas dan diabetes, lho. Sebaliknya, sarapan membuat Anda merasa lebih bahagia dan fokus bekerja. Karena itu, luangkan waktu untuk sarapan setiap pagi. Bahkan sebuah pisang, apel atau semangkuk sereal yang praktis pun bisa jadi sarapan sehat yang mengenyangkan.

Berdiri bersamaan lutut yang terkunci
Berdiri dengan lutut yang terkunci juga dapat membahayakan kesehatan Anda karena terjadi peningkatan tekanan di lutut.


 Sering Tidur telungkup
Saat Anda tidur telungkup, maka terdapat peningkatan di kepala belakang dan juga terjadi pengumpulan saraf. Akibat hal ini, maka Anda akan merasakan mati rasa dan dapat membahayakan kesehatan saraf Anda bung.


Sering membungkuk
Postur membungkuk dapat menyebabkan nyeri bahu dan tekanan di tulang belikat Anda. Postur tubuh yang buruk ini apabila tidak diperbaiki maka akan menyebabkan gangguan kesehatan lebih lanjut. Anda dapat memeriksa postur tubuh Anda sendiri dengan cara berdirilah menyamping dan kemudian tariklah garis imajiner melalui telinga, bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Melalui garis ini akan terlihat apakah postur tubuh Anda membungkuk atau tegak.



Memakai ikat pinggang terlalu ketat
Ikat pinggang yang terlalu ketat bisa meningkatkan asam dalam pencernaan dan mendorong naiknya asam lambung ke esophagus sehingga menyebabkan rasa nyeri di dada. Hal ini bahkan meningkatkan resiko kanker tenggorokan, jadi renggangkan ikat pinggang anda sekarang.

Tidak pernah mengganti bantal
Di pagi hari, pernah mendapati mata anda berkantung, kepala serasa penuh sesak? Mungkin anda perlu melihat bantal anda. Binatang-binatang kecil atau debu yang mengendap di bantal tersebut bisa menjadi masalah untuk kesehatan anda. Jika tak pernah dicuci selama bertahun-tahun, bantal yang sering dipakai dan tak pernah dicuci bisa menyimpan kutu-kutu kecil, lengkap dengan kotoran mereka, dan setiap malam anda pun menghirup itu semua. Begitu papar Steven M. Houser, MD, direktur bagian alergi dan sistem pernapasan di MetroHealth, Ohio. Alergen-alergen ini akan terakumulasi dan memicu alergi serta asma pada orang yang punya sensitif dengan hal tersebut. Disarankan untuk menggunakan alas yang bebas debu pada bantal dan matras.


Tak ingat kapan terakhir kali mengganti sikat gigi
Tak pernah mengganti sikat gigi sama dengan menabung bakteri pada mulut. Bakteri, jamur, dan virus siap menempel pada sikat gigi anda lalu berpindah ke rongga mulut anda. “Bakteri yang berkaitan dengan penyakit mulut dan kesehatan jantung bisa beranak pinak,” jelas Hemali Ajmera, DDS, dokter gigi kosmetik asal New York. Apalagi jika anda menaruh sikat gigi tersebut bersama dengan sikat gigi anggota keluarga lainnya. Disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Namun, untuk anak-anak yang sering menggigit sikat giginya serta mereka yang mengenakan kawat gigi, disarankan untuk mengganti lebih sering.



Tahan pipis
Saking sibuknya hari-hari anda, keinginan untuk buang air kecil pun seringkali ditahan-tahan. Masalahnya, ketika anda menahan buang air kecil, hal itu bisa merusak kantung kemih, jelas Tristi Muir, MD, dari University of Texas Medical Branch. Saat ini terjadi, kantung kemih anda pun akan mengalami kesulitan untuk berkontraksi dengan baik, sehingga sulit untuk mengosongkan isinya. Hal ini bisa berakibat pada infeksi kantung kemih, atau kesulitan mengatur kantung kemih. Amat disarankan untuk langsung membuang air seni begitu terasa keinginan untuk membuang air seni. Jika sering membuang air kecil adalah masalah, bicarakan dengan dokter anda, atau kurangi asupan minum yang bersifat diuretik, seperti kafein, alkohol, makanan pedas, minuman berkarbonasi, cokelat, dan teh.


Menyampir tas laptop di satu sisi pundak yang sama
Perhatikan kebiasaan anda dalam membawa tas. Apakah anda menggunakan sisi yang sama terus menerus? Jika ya, coba gunakan sisi yang berlainan untuk mencegah masalah di kemudian hari. Menggendong barang berat di satu sisi yang sama berhari-hari bisa menyebabkan masalah pada otot dan sakit di bagian leher, pundak, dan lengan. Menenteng tas tangan juga bisa memicu sakit pada lengan akibat gerakan mencengkeram serta memutar tangan. Karena itu, cobalah untuk mengganti pundak sebagai tumuan tas dalam kegiatan sehari-hari.


Memakai sepatu hak tinggi setiap hari
Memakai hak tinggi mungkin terlihat menarik, tetapi jika dikenakan terus menerus, otot tendon Achilles anda bisa memendek, dan jika kondisi ini sudah terjadi, saat anda melepas sepatu hak tinggi, maka anda akan menarik tulang tumit dan menempatkan anda pada kondisi yang sangat menyakitkan. Kondisi menyakitkan ini pada akhirnya akan menyebabkan peradangan pada jaringan yang menjalar ke telapak kaki, menambah masalah pada bagian berlemak telapak kaki, yang sebenarnya akan berkurang seiring bertambah usia, sehingga ketika anda mencoba menggunakan hak tinggi, situasi justru akan makin parah. Sebelum itu terjadi, sering-seringlah ganti sepatu hak tinggi anda dengan sepatu datar, kalau bisa, berjalan tanpa alas sesekali di atas rumput (yang bebas dari benda tajam) juga bisa membantu 

kesehatan telapak kaki anda.

Keseringan Mandi Malam
Kebiasaan mandi malam dapat mengakibatkan banyak penyakit masuk terutama penyakit masuk angin

referensi
http://forum.detik.com/7-kebiasaan-sehari-hari-yang-berbahaya-bagi-kesehatan-t340489.html

No comments:

Post a Comment

ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

EXTRAWEBDIA .COM: TUGAS MAKALAH ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil...